9b1affb31b5a160f65a9310612dc0fb5.png

b05cd8d52d750de2b4896f08dea0be2a.png

2fb2bb30819cc93829158273a04ef514.png

7b635badf1a7061711a3a017e1b7cd56.png

4c649ecf46121d59322736ac9173eee5.png

Workshop Pembelajaran

Pendampingan Penggunaan All In One Server di SMAN 1 Geger Madiun

Menindaklanjut pertemuan dan diskusi tentang pengembangan TIK Sekolah yang saya lakukan pada tanggal 3 Oktober 2015 hari sabtu di SMAN 1 Geger Madiun bersama Top manajemen, Tim Pengembang Sekolah dan TIm TIK Sekolah, Maka pada tanggal 15 sd 17 Oktober 2015 saya mendampingi SMAN 1 Geger dalam rangka  penggunaan All In One Server dengan menggunakan Synology Diskstation, SMS GAteway dan Update program Absensi Finger Print. SMAN 1 Geger adalah salah satu Sekolah Adiwiyata, Sekolah Model PSB, PBKL dan segudang prestasi yang lainnya. Sekolah ini juga pada tahun 2014/2015 menjadi salah satu sekolah pelaksana UNBK. Sudah 3 tahun dalam tes potensi akademik PPDB sudah menggunakan basis TIK. 

Pada awal diskusi dengan tim TIK dan tim Pengembang Sekolah adalah bagaimana sekolah bisa implementasi LMS (Learning manajemen system) dengan benar dan benar benar mau menuju ke paperless. saya coba memberikan masukan jika untuk menuju ke impian itu harus dilakukan secara bertahap dan terencana dengan baik layanan apa saja yang menjadi skala proritas dan itu dampaknya bisa dirasakan langsung oleh stakeholder.

Read more: Pendampingan Penggunaan All In One Server di SMAN 1 Geger Madiun

Buku Panduan Synology Diskstation Seri 1

Buku Panduan Sukses Implementasi Pengembangan Elearning di Sekolah dengan dukungan perangkat Synology Diskstation adalah kelanjutan dari Buku yang pernah saya tulis sebelumnya berjudul “Mengembangkan E-learning Sekolah Step by Step Implementasi menggunakan Moodle” yang diterbitkan oleh Esensi PT Erlangga Group. Pada Buku itu bahas secara mendalam mulai dari konsep LMS, persiapan instalasi, konfigurasi sebagai admin LMS, Pembuatan bahan ajar, Backup restore dan upgrade LMS jika ada perubahan versi.

Dari setiap kegiatan ke kegiatan untuk menjadi narasumber dan mendampingi Sekolah dalam implementasi elearning sekolah, didapati berbagai macan persoalan seputar infrastruktur pendukung. Jika Sekolah memiliki Server dengan Spesifikasi yang cukup cannggih dengan RAM yang besar, namun hanya di install Operating system bukan server. Sehingga layanan yang di perangkat server tidak mampu diakses bersama sama oleh stakeholder yang ada di Sekolah.  Namun terkadang pula ada SDM di sekolah yang cukup handal di sekolah dengan kemampuan mengelola server untuk layanan di sekolah, namun tidak memiliki cukup Perangkat Server yang memadai.

Read more: Buku Panduan Synology Diskstation Seri 1

Workshop Pengembangan konten bahan ajar berbasis Mobile Learning E-Sabak

Pada tanggal 8 dan 18 September 2015 saya mendapat kesempatan untuk bisa berbagi bersama teman teman guru. Untuk yang tanggal 8 september 2015 bersama sama dengan perwakilan guru SMA se Jawa TImur yang masing masing kabupaten ada 2 Sekolah.  Ketepatan salah satu sekolah SMA yang di undang adalah SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Sedangkan untukn tanggal 18 September bersama dengan guru guru SMK.

Walaupun pelaksanaan kegiatan pada tanggal 8 September 2015, tapi saya datang pada tanggal 7 Spetember 2015 malam untuk persiapan alat yang baru saya kenal. Awalnya saya meminta pada panitia untuk pengadaan alat yang bisa digunakan untuk demo. Alat yang saya rujuk adalah Windroid. 1 Tablet yang didalamnya ada 2 OS yang bisa dimanfaatkan yaitu windows mobile dan Andorid. Namun panitia melalui Pak  Munir menyediakan alat Dongle yang belum pernah saya gunakan sebelumnya. Testing pun saya lakukan agar disaat besok presentasi sudah OK  semua.

Read more: Workshop Pengembangan konten bahan ajar berbasis Mobile Learning E-Sabak

Silaturahim bersama IGI Kalsel

Alhamdulillah, saya bersyukur atas segala limpahan rahmat dan inayahnya sehingga niat saya untuk bisa berkumpul dan bersilaturahim dengan teman teman IGI hari Jumat tanggal 26 April 2013 Jam 14.00-17.00 propinsi Kalsel bisa terlaksana.
Awalnya saya ragu ragu untuk bisa berkomunikasi dengan ketua IGI Kalsel, dan alhamdulillah setelah mendapatkan kontak dari Pak Mohammad Ihsan, saya beranikan sms ke Pak Gusti selaku ketua IGI Kalsel, dan akhirnya dg sms ini bersambut dg saling melakukan komunikasi akan persiapan pertemuan dengan pengurusnya saja.

Read more: Silaturahim bersama IGI Kalsel

Semua jenis tablet di oprek oprek di Rumah

Semangat Pengurus IGI Gresik untuk segera memanfaatkan fitur2 yg ada dlm Tablet luar biasa. Betapa tdk. Setiap hari minggu berkumpul di Basecamp IGI Gresik, di Jl. Tanjung Harapan II/9-11 GKB mengoprek-oprek semua jenis Tablet. Workshop terbatas, tapi menunya semua ada, maknyos. Ternyata setiap jenis produk Tablet selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Tinggal kalau mau membeli disesuaikan dgn kebutuhannya.

Read more: Semua jenis tablet di oprek oprek di Rumah

IGI GRESIK SIAP LAUNCHING SATU GURU SATU TABLET (SAGUSATA)

Teman2 IGI Gresik, keranjingan "Tablet" setelah mengikuti "Workshop Digibook". Betapa tdk. Setelah berlatih mengconvert file2 buku dlm bentuk word/doc menjadi Pdf dgn program "Pdf2wordsetup.exe", menggunakan program "sigil-0.6.2.Wndows-setup.exe" untuk mengedit file2 dlm bentuk pdf, dan menggunakan program "Calibre-0.9.22. msi" untuk mengcolellect buku sebanyak-banyaknya ke dalam manajemen Calibre yang dapat diakses oleh para siswa menggunakan "Tablet".

Read more: IGI GRESIK SIAP LAUNCHING SATU GURU SATU TABLET (SAGUSATA)

Standar Operasi Prosedur (SOP) Pendataan Ditjen Dikmen

Berkenaan akan disalurkannya bantuan BSM,BOS,RKB dan bantuan lainnya dari Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen) diharapkan sekolah untuk secepatnya melakukan input dan sinkron data sekolah masing-masing dengan valid dan benar  ke sistem pendataan ditjen dikmen, seperti Nomor Induk Pegawai (NIP), Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), Nomor Induk Siswa (NIS). Adapun bagi sekolah yang tidak segera melakukan input dan sinkron data ke server pendataan Ditjen Dikmen dimungkinkan untuk penyaluran bantuan BKM,BOS dll akan terlewatkan/terhambat.

Read more: Standar Operasi Prosedur (SOP) Pendataan Ditjen Dikmen

Workshop LMS di SMAN 1 Grati Pasuruan

Pada tanggal 6 - 7 Pebruari 2003, saya berkesempatan untuk mendampingi Workshop Desiminasi LMS pada Eksternal yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Grati Pasuruan. Berangkat dari rumah pada tanggal 5 sore dan Alhamdulillah sampai di pasuruan menjelang Maghrib. Mengingat lokasi SMAN 1 Grati pasuruan masih 15-20 menit, maka saya istirahat di salah satu hotel di Pasuruan.

Read more: Workshop LMS di SMAN 1 Grati Pasuruan

Login Form

Aktikfitasku

@ Sukari Darno

Pengunjung

Hari ini 0

Kemarin 38

Minggu ini 157

Bulan ini 1191

Total 56112

Currently are 7 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions