9b1affb31b5a160f65a9310612dc0fb5.png

b05cd8d52d750de2b4896f08dea0be2a.png

2fb2bb30819cc93829158273a04ef514.png

7b635badf1a7061711a3a017e1b7cd56.png

4c649ecf46121d59322736ac9173eee5.png

Workshop Ditjen Dikmen

Review, TOT dan Workshop Aplikasi DAPODIKMEN

Saat ini aplikasi DAPODIKMEN di tunggu tunggu banyak  operator akan kehadirannya. Mengingat sudah beberapa sosialisaasi, TOT bahkan Workshop sudah di selenggarakan oleh sesditjen Dikmen. 4 Angkatan mulai dari tanggal 1-8 April 2014 dan tiap angkatan ada 125 sekolah yang di undangan untuk mengikuti kegiatan ini. namun demikian, krn aplikasi ini sudah tersosialisasi baik ke KKDATADIK dan Sekolah yang mengikuti Workshop di 4 angkatan  aplikasi ini belum juga release resmi untuk bisa digunakan oleh ssekolah. Muncul pertanyaan yang berulang ulang, kapan Aplikasi DAPODIKMEN ini release? Kapan Workshop Aplikasi DAPODIKMEN Lanjutan dilaksanakan?? dan dimana cara mendapatkan KODE REGRISTRASI APLIKASI DAPODIKMEN ???. 

Read more: Review, TOT dan Workshop Aplikasi DAPODIKMEN

Perubahahan Domain Server Pendataan Online Dikmen

Diinformasikan kepada seluruh Sekolah Menengah (SMA/SMK/SMLB) yang melakukan sinkronisasi ke Server Ditjen Dikmen diharapkan merubah domain pada APLIKASI SI INTEGRATOR (SMA/SMK/SMLB) yang awalnya dari pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id menjadi IP 203.171.221.242 pada MENU HOME -- ADMIN PANEL -- IP SERVER ( DI ISI IP 203.171.221.242). Seperti gambar di bawah ini.

Read more: Perubahahan Domain Server Pendataan Online Dikmen

Username dan Password SIPO Untuk Siapa?

Username dan password Portal Pendataan SIPO untuk siapa? dari pertanyaan yang masuk melalui email, sms maupun telepon ke kami sebagai Tim Support Pendataan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah banyak dilontarkan oleh sekolah-sekolah (SMA/SMK/SMLB) untuk minta/request username dan password SIPO, dalam tulisan ini kami coba jelaskan username dan password portal SIPO untuk siapa?

Read more: Username dan Password SIPO Untuk Siapa?

Pelatihan Sistem Pendataan Pendidikan Menengah Berbasis Web / Online Tahun 2013

Berkaitan dengan reformasi birokrasi yang menghasilkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata Kerja  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Memindahkan tugas dan fungsi pengumpulan data dari Pusat Data Dan Statistik Pendidikan (PDSP) ke masing-masing Unit Utama” dan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan yang bunyinya “Sekretaris Direktorat Jenderal diminta untuk merancang prosedur pengumpulan data, membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan data, dan mengkoordinir pengumpulan semua data pokok pendidikan dari satuan pendidikan yang berada di bawah pembinaan masing-masing Direktorat Jenderal” serta surat edaran Dirjen Pendidikan Menengah nomor : 475/D/PR/2012 “Sistem Pendataan Online Pendidikan Menengah adalah program aplikasi komputer yang dibangun untuk menyiapkan kebutuhan data individual sekolah, guru, dan siswa. Sistem ini merupakan bagian dari sistem informasi yang terhubung dengan sistem pendataan Pusat Data dan Statistik Pendidikan(PDSP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Data yang dihasilkan akan dijadikan acuan untuk proses pengambil kebijakan pembangunan pendidikan menengah agar lebih terarah dan tepat sasaran seperti untuk penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SM, Bantuan Siswa Miskin (BSM), pemberian bantuan sarana prasarana, penetapan peserta ujian nasional,dan bantuan lainnya serta merupakan satu-satunya sistem pendataan yang digunakan oleh ditjen dikmen.

Read more: Pelatihan Sistem Pendataan Pendidikan Menengah Berbasis Web / Online Tahun 2013

Kegiatan Workshop Koordinasi dan Verifikasi Pendataan Pendidikan Menengah Tahun 2013

Kegiatan Workshop Koordinasi dan Verifikasi Pendataan Pendidikan Menengah Tahun 2013 ini mengacu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian dan Kebudayaan, dimana Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis di bidang pendidikan menengah. Salah satu tugas Ditjen Dikmen antara lain melaksanakan pengelolaan data dan informasi pendidikan menengah. Sedangkan fungsi pengumpulan dan verifikasi data menjadi tugas Sekretariat Direktorat Jenderal.

Read more: Kegiatan Workshop Koordinasi dan Verifikasi Pendataan Pendidikan Menengah Tahun 2013

Sosialisasi Pendataan Dikmen SMA Swasta Se Surabaya

Sudah Banyak SEkolah di Indonesia yang melakukan proses singkronisasi ke data dikmen pusat. namun untuk SMA Swasta Kota Surabaya yang jumlahnya lebih dari 100 Sekolah baru melakukan sosialasasi Pendataan Dikmen. Pada Tanggal 21 Pebruari 2013 bertempat di SMA Kristen Gloria 2 saya di undang untuk menyampaikan sosialisasi Pendataan Dikmen Pusat.  Acaranya sendiri dihadiri oleh kepala Sekolah dan operator data. Acara dibuka jam 08.30 dan berakhir jam 13.00 WIB.

Read more: Sosialisasi Pendataan Dikmen SMA Swasta Se Surabaya

Himbauan Percepatan Pendataan Online Sekolah Menengah

Untuk mendukung pelaksanaan Program Pendidikan Menengah Universal tahun 2013, diperlukan data satuan pendidikan menengah yang cepat dan akurat. Untuk itu kini sedang berlangsung proses pendataan online dengan menggunakan Program Aplikasi Sekolah (PAS) untuk SMA, SMK, dan SMLB di seluruh Indonesia.

Read more: Himbauan Percepatan Pendataan Online Sekolah Menengah

Workshop PAS SMLB di SLB Sumedang Jawa barat

Workshop Pendataan dikmen yang saya datangi ini agak sedikit istimewa diakhir tahun. Workshop Pemutakhiran data  PKLK dikmen yang diselenggaran Tanggal 29 Desember 2012 oleh SLB Pembina Sumedang ini dihadiri langsung oleh kepala Dinas Provinsi Jawa Barat Bp Prof Dr. Wahyudin Zarkasyi, Kepala Bidang, Kepala Seksi kesiswaan dan Kepala seksi kurikulum PLB provinsi Jawa Barat dan kepala sekolah SLB se kab. Sumedang.

Read more: Workshop PAS SMLB di SLB Sumedang Jawa barat

Login Form

Aktikfitasku

@ Sukari Darno

Pengunjung

Hari ini 18

Kemarin 52

Minggu ini 275

Bulan ini 1051

Total 62237

Currently are 30 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions