9b1affb31b5a160f65a9310612dc0fb5.png

b05cd8d52d750de2b4896f08dea0be2a.png

2fb2bb30819cc93829158273a04ef514.png

7b635badf1a7061711a3a017e1b7cd56.png

4c649ecf46121d59322736ac9173eee5.png

Inul Aplikasinya dan Goyang Datanya

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 12)

Sejak tanggal 24 Oktober 2017, program One Day One Writing (ODOW) sempat tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Tanggal 23 sd 25 Oktober 2017 ada kegiatan Evaluasi Satgas Dapodik SMA 2017 di Hotel Novotel Gajahmada Jakarta. Dalam perjalan ke jakarta, saya tidak langsung ke Lokasi, namun mampir ke ULT Kemdikbud untuk mendapatkan informasi tentang penyetaraan guru bukan PNS tingkat SLTP. Setelah mendapat informasi yang cukup, barulah siangnya saya meluncur ke Novotel Gajahmada Glodok Jakarta .

Banyak pertanyaan yang masuk inbox belum bisa dilayani dengan baik, karena masih fokus ke evaluasi satgas Dapodik SMA 2017. Pertanyaan yang masuk masih seputar info GTK dan rasio jumlah siswa untuk jenjang 1, 7 dan X. Jika melihat inbox yang masuk menjawab yang mungkin bisa dijawab. Dan meminta maaf jika pertanyaan itu masih belum bisa membantu menjawab.
Pada saat kegiatan, saya dikejutkan dengan Kabar bahwa Pak Bebe (pak Bambang hartono) yang lagi sakit koma di riau. dan hari ini tanggal 27 Oktober 2017 jika Bapak hartono meninggal dunia.
Innalilahi wa innalilahi rajiun....
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Selamat Jalan Bpk. Bambang Hartono Semoga Almarhum di terima di sisi Nya, dan keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kesabaran dan kekuatan.. Amin.

 

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 13)

Tanggal 30 Oktober adalah waktu pengambilan data untuk Cut Off BOS tahap 3 dan 4 sesuai dengan permendikbud nomor 26 tahun 2017. Bagi satuan pendidikan yang belum melakukan sinkronisasi atau pada cut Off sebelumnya (tgl 22 September 2017) masih belum sempat untuk melakukan sinkronisasi, maka segera untuk lakukan sinkronisasi. batas waktunya hari ini sampai jam 23.59 WIB.

berikut adalah  tahap pendataan untuk pencairan BOS pada permendikbud nomor 26 tahun 2017 halaman 29.

Manfaatkan kesempatan untuk bisa mengirim data Dapodik bagi yang belum melakukan sinkronisasi. Bagi yang sudah melakukan pengiriman data Dapodik. Satuan pendidikan bisa lanjutkan untuk menuju kualitas data dapodik menuju 100%. Entrikan data seusai dengan kondisi dan fakta yang ada di sekolah.

 

 

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 11)

Salah Satu perbaikan  Aplikasi 2018a adalah perbaikan dan penambahan keamanan pada aplikasi. Perbaikan dan Penambahan keamanan aplikasi ini dikarenakan semakin banyaknya alat bantu di luar aplikasi Dapodik yang ada, baik  yang digunakan untuk input atau  update data . Namun saat datanya bermasalah atau aplikasinya tidak bisa akses, maka Operator mengalami kesulitan untuk mengatasinya. Salah satu contoh pengaduan melalui inbox ke saya setelah membaca tulisan saya tentang Inul Aplikasi dan Digoyang datanya. Maka pertanyaan adalah kalau menjumpai aplikasi sebagaimana gambar apakah langsung dilakukan INUL (Install Ulang) ?.

Sebelum saya menyarankan untuk INUL (Install Ulang), saya akan mencoba menggali informasi. Apakah dikomputer yang ada saat ini tidak ada aplikasi lain atau Aplikasi TOOL yang telah dilakukan Instalasi ? Jawabnya tidak. Untuk meyakinkan saya dikirimkan gambar dari sistem operasi yang digunakan.

Jika dilihat dari gambar sih saya sudah yakin tidak ada tool lain, saya hanya melihat ada aplikasi Dapodik dan PMP yang saling berdampingan. Namun untuk melihat lebih jauh, maka saya meminta untuk di remote saja dan untuk lebih memastikan rekomendasi yang akan diberikan tidak salah langkah. Saya juga meminta membuat Kronologis yang telah dilakukan.

Berikut kronologis yang dilakukan operator Sekolah tersebut :

yang jelas, baru hari ini pak, munculnya, dari saya update sampai 1 jam yang lalu masih bisa saya pakai, waktu mau singkron, saya validasi muncul peringatan untuk refresh,

terus saya refresh, sekalian saya clear histori browser

dan selanjutnya muncul tulisan itu.

Setelah mendapatkan ID dan password Teamviewer. Maka segera melakukan pengecekan pada Control panel-administrative Tools – Serveice à ternyata service aplikasi dapodik running. Saya langsung curiga ke Control Panel untuk cek Program Apa saja yang telah di Install. Ternyata dapat di cek Aplikasi yang sudah ada (Dapodik yang informasinya sudah dilakukan Updater) tidak terdeteksi berubah. Saya Gesert lagi ke Scrool ke bawah, ternyata Ada satu Aplikasi Tools (tidak saya sebutkan Toolsnya). Sehingga saya merekomendasikan untuk Un-Install Dapodik yang ada dan Un Install Tools yang sudah di Install. Dan Alhamdulillah setelah beberapa saat, Laporan kembali bahwa aplikasi Dapodik 2018 sudah bisa berjalan dengan Normal.

Semoga bisa menjadi informasi bagi operator dan berhati hati untuk menggunakan aplikasi Tools di aplikasi dapodik 2018a ini.

 

 

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 14)

 

Tulisan ini dikhususkan buat Sekolah yag mengalami kasus khusus terkait dengan data yang berbeda antara di vervalpd dan dapodik yang menyebabkan data siswa kelas XII tidak masuk  pada pendataan Ujian nasionaol. ketepatan kasus ini juga sempat menjadi diskusi dengan tim saat ada evaluasi Satgas Dapodik SMA. Keanehakn data kelas XII yang masuk ke kelas X. padahal setelah di cek di dapodik data peserta didik, registrasi peserta didik, tanggal masuk dan jenis pendaftaran di anggota rombel juga sudah benar adanya. kasus ini terjadi pada Bapak Windi Eka Samudera dari SMA Negeri Tegal Ombo. karena penasaran, saya mencoba untuk langsung melakukan remote. melakukan cek data satu persatu. dan beberapa saya merekomendasikan apa yang harus dilakukkan. berikut kronologis kasus yang dialami pak Eka Samudra. 

Read more: INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 14)

INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 10)

Membagikan tulisan yang sudah tuntas di wall facebook saya lakukan untuk bisa dishare atau dibaca oleh temen temen yang ada di sosial media khususnya facebook. Pada Tulisan bagian ke 8 ada yang memberikan semagat dan ada pula yang membuat istilah lagi, Inul Goyang. Setelah saya cermati dan membaca sebuah Group WA yang membahas di Palikasi Dapodik 2018a ini ada bug aplikasi buat Sekolah SMA yang melaksanakan KTSP ternyata tidak bisa menambahkan maks 4 jam. Padahal tambahan jam ini seharusnya segera dientrikan oleh Operator Sekolah. Kalaupun harus menunggu Updater rilis kita juga tidak bisa memastikan kapan rilisnya. Sehingga ada yang melakukan ujicoba dan berhasil yaitu dengan melakukan Donwgrade Aplikasi kemudian jika sudah selesai, maka dilakukan lagi Update ke versi terbaru lagi.

Read more: INUL Aplikasinya dan Goyang Datanya (bagian 10)

Login Form

Aktikfitasku

@ Sukari Darno

Pengunjung

Hari ini 18

Kemarin 52

Minggu ini 275

Bulan ini 1051

Total 62237

Currently are 6 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions