9b1affb31b5a160f65a9310612dc0fb5.png

b05cd8d52d750de2b4896f08dea0be2a.png

2fb2bb30819cc93829158273a04ef514.png

7b635badf1a7061711a3a017e1b7cd56.png

4c649ecf46121d59322736ac9173eee5.png

Welcome to Portal form OB to Principal

Tulisan ini saya coba kumpulkan dari berbagai pertanyaan yang masuk seputar aplikasi Dapodik 8..2.3. Harapan setelah saya tulis ini nanti bisa di share kepada yang masih mengalami kesulitan dan kegelisahan akan aplikasi yang saat ini sudah sampai pada versi 8.2.3. Namun demikian, jawaban yang saya sampaikan juga berdasarkan pengetahuan dan informasi yang saya mliiki dan merangkum dari berbagai sumber yang saya dapatkan saat diskusi aplikasi dan review Aplikasi sebelum aplikasi ini di rilis. Jika ditemukan nanti ada perkembangan kebijakan tentang pemanfaatan data, maka jawaban yang sudah saya berikan ini nanti silakan segera di sesuaikan dengan kebijakan yang baru. Mungkin saat ini jawaban yang saya berikan sementara bisa membantu teman teman operator dalam implementasi yang masih belum masuk pada panduan sukses aplikasi dapodikmen atau sudah ada tapi karena belum sempat membaca dengan tuntas. Berikut pertanyaan yang sering muncul :

1. Bagaimana cara memperbaiki data PTK, KOK masih tidak bisa di Edit data di aplikasi saya ?

Jawab : Silakan Update aplikasi anda ke versi Dapodik SMA-SMK 8.2.3 atau juga bisa lakukan pembaharuan secara online dengan cara 

1. Pastikan komputer terkoneksi internet.
2. Silahkan login pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.2.0**
3. Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
4. Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik SMA-SMK 8.2.3 ) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak  menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
5. Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
6. Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
7. Login ke aplikasi Dapodik SMA-SMK dan cek daftar perubahan pada aplikasi 8.2.3
 2. Saya sudah melakukan proses update aplikasi yang terbaru, tapi mengapa yang muncul masih versi sebelumnya , Mohon Bantuan doong ?

Jawab : Jika anda mengalami hal demikian, jangan galau, cukup tekan tombol kombinasi CTRL+SHIFT+DEL (untuk menghapus Cache browser) setelah itu Tekan CTRL + F5

3.  Bagaimana cara entrikan Guru BK dan BK TIK ?

Jawab : Untuk Guru BK dan BK TIK, kesepakataan saat ini dengan pengembang adalah tentukan saja jenis PTK di UBah data PTK, Proses perhitungan jam nanti akan ada di sistem lain di GTK

Update Info :

Berdasarkan hasil koordinasi kami tgl 25 nop 2015 jam 22.52 di surabaya dengan developer simtun GTK, diinfokan bahwa : Guru BK dan BK TIK, selain menginput jenis PTK dengan BK dan BK TIK, hal yang dilakukan juga diinput di pembelajaran (untuk tujuan pemetaan jumlah siswa binaan) dengan prosedur sbb :

Untuk BK diinput di pembelajaran dengan menambah mapel tambahan/ mapel lainnya dan pilih mapel Bimbingan dan Konseling, jumlah jam bisa dikosongkan.

Untuk BK TIK diinput di pembelajaran dengan menambah mapel tambahan/ mapel lainnya, pilih Teknologi Informasi dan Komunikasi (untuk SMA) atau TIK/KKPI (untuk SMK), nama mapel lokal disi BK TIK dan jjm bisa dikosongkan….

4. Saya mencoba untuk Download/unduh profil yang ada di menu  beranda, namun kenapa kok Error ? 

Jawab : Saya kaget mendapatkan pertanyaan ini karena saat di testing aplikasi dan masin RC, tidak ada yang menukan masalah ini, tapi setelah di rilis ternyata muncul pertanyaan demikian. Alhamdulillah pertanyaan ini terjawab sendiri oleh penanya dan setelah di telusuri, jenis registrasi pada peserta didik untuk kelas XII di tentukan umum, silakan di sesuaikan dengan  program pengajaraan saat ini. 

5.  Berapa kepala laboratoriun dan Kepala Bengkel yang di akui di aplikasi Dapodik SMA-SMK?

Jawab : Aplikasi Dapodik SMA-SMK adalah mendata kondisi yang ada di Sekolah bapak/ibu semua, untuk perhitungan jam diakuai atau tidak nanti akan ada di sistem lain yaitu di Sistem  GTK, jadi silakan tetep lakukan entri data sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah.

6.  Bagaimana cara memperbaiki NISN invalid di aplikasi Dapodik SMA-SMK?

Jawab : NISN Invalid itu biasanya NISN yang masih kosong atau terisi dengan tanda -, Lakukan VervalPD sampai pada konfirmasi data. Cek data NISN di manajemen dapodik SMA-SMK sebagai operator sekolah.

7.  Bagaimana cara entri data PTK yang mengajar lintas minat di aplikasi Dapodik SMA-SMK?

Jawab : Untuk entri data PTK yang mengajar lintas minat, maka buatkan rombel baru dengan jenis Teori, tentukan kurikulumnya, jenjang dan sarana yang ditempati, setelah itu masukkan anggota rombel yang ada pada mapa pelajaran lintas minat tersebut. Setelah itu entri pada tab pembelajaran

8.  Bagaimana cara melakukan perubahan data siswa kelas XII yang tahun ini belum bisa mengikuti UN karena yang bersangkutan ke luar negeri untuk keperluan pertukaran pelajar?

Jawab : Untuk siswa kelas XII yang tidak bisa mengikuti UN karena sedang ada tugas belajar atau pertukaran pelajar, maka di aplikasi Dapodik, siswa yang keluar di registrasi dan pilih mutasi keluar. dengan keterangan Pertukaran pelajar. Jika Tahun depan siswa yang bersagkutan sudah kembali ke sekolah, maka siswa tersebut di PD Non aktti pilih siswa dan batalkan.

Login Form

Aktikfitasku

@ Sukari Darno

Pengunjung

Hari ini 18

Kemarin 52

Minggu ini 275

Bulan ini 1051

Total 62237

Currently are 31 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions