9b1affb31b5a160f65a9310612dc0fb5.png

b05cd8d52d750de2b4896f08dea0be2a.png

2fb2bb30819cc93829158273a04ef514.png

7b635badf1a7061711a3a017e1b7cd56.png

4c649ecf46121d59322736ac9173eee5.png

Welcome to Portal form OB to Principal

Pertanyaan diatas sering muncul dan saya jumpai saat operator sekolah sudah melakukan entri data melalui Aplikasi Dapodikmen dan berhasil juga melakukan pengiriman data atau sinkronisasi. Pertanyaan balik juga sering saya sampaikan pada operator adalah kapan anda melakukan sinkronisasi ? Apakah entri data sesuai dg prosedur atau menggunakan cara cepat (import) yg tidak di rekomendasikan ?. Jawaban "Jujur" dari operator ini sangat saya butuhkan mengingat sebagai bahan untuk penelusuran data lebih lanjut. Dan jangan lupa tetap menyebutkan Nama operator, NPSN dan Nama Sekolah.

Kasus I :

Kasus ini saya dapat dari Bapak Asrori dari SMA Muhammadiyah Tual Maluku Utara. Beliau melaporkan bahwa data dapo.dikmen SMA Muhammadiyah Tual ini menjadi hilang (padahal sebelumnya ada). Hilangnya data ini bertepatan dg adanya server yg lagi maintenance. Sehingga patut di duga hilangnya ada adalah setelah adanya maintetnance server. Tapi setelah saya cek ke tim manajemen (back end) tidak mengubah data Yg ada di pusat. Maintenance dilakukan krn adanya kebutuhahan layanan kepada dinas kabupaten/Kota  dan propinsi akan kebutuhan data di manajemen pendataan dapodikmen pusat. 

Semakin penasaran saja dengan kasus ini, saya ambil langkah dengan meminta izin untuk aplikasi dapodikmen saya install di laptop saya. Dan alhamdulillah di izinkan oleh pak Asrori.  Setelah dilakukan cek and re check di aplikasi dapodikmen yang ada di sekolah, ternyata pak asrori pernah mengubah jenis rombel yang ada Rombongan belajar dari Kelas menjadi Teori. Dan dampaknya setelah di sinkronisasi di manajemen data dapodikmen pusat menjadi Nol (tidak terhitung). Mengingat sdh tahu permasalahannya saya langsung inbox pak asrori via facebook. Dan tahapan untuk mengubah dari teori ke kelas juga sdh dllakukan. Dan alhamdulillah besoknya sdh tampil kembali atau Normal kembali. Artinya masalah sdh bisa terselesaikan. Solved..

Ternyata kasus yang sama dialami oleh pak Nur Cholis dari SMKN 1 Tambusai. Data di dapo.dikmen menghilang, dan setelah saya meminta jenis kelasnya di buat yg kelas dan dilakukan sinkronisasi berhasil, maka besoknya juga sdh tampil kembali seperti sedia kala. Alhamdulillah terselesaikan juga. 

 

Kasus 2

Kasus ke 2 ini tidak akan pernah saya lupakan karena di saat Workshop Dapodikmen angkatan 2 ini Hardisk saya rusak dan sdh tidak bisa di recovery lagi datanya. Krn Penasaran dengan data saah satu peserta workshop yg data di aplikasi dapodikmen ada dan tampiltapi di manajeman dapo.dikmen data sekoah ini kosong (sehingga di undang untuk bisa segera selesaikan datanya). Karena terlalu penasaran dg data sekolah ini saya coba install sampai 3x di komputer saya dan dapat dipastikan tidak bisa merubah data yg ada di dapo.dikmen ? Kok Bisa??  Sampai penasaran juga saya coba minta tim untuk mengecek keberadaan data di server.

Sampai dengan kegiatan berakhir data sekolah ini masih juga belum tampil di server dapodikmen. Setelah beberapa hari kemudian ada salah satu fasilitator yg melaporkan status sekolah yang datanya tidak tampil itu krn saat entri data dapodikmen menggunakan cara cepat menggunakan import (melalui jalur database langsung). .. Dan takut menyampaikan ini ke tim dapodikmen kuatir nanti dimarahi sama kepala sekolah. 

Tim dapodikmen tidak pernah merelease aplikasi import maupun sejenisnya, sehingga apabila terjadi seperti kasus 2 diatas, sebaiknya ditanyakan ke "pembuat" aplikasi tersebut atau yang menyarankan menggunakan tools tersebut, penggunaan tools tambahan terutama yang mengakses database dapodikmen sangat tidak disarankan, oleh karena itu pada versi 8.14 nanti akan ada proteksi menganai permasalahan tersebut

Semoga pengalaman ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua

Silakan share pada teman dan sahabat operator

Login Form

Aktikfitasku

@ Sukari Darno

Pengunjung

Hari ini 0

Kemarin 38

Minggu ini 157

Bulan ini 1191

Total 56112

Currently are 3 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions