9b1affb31b5a160f65a9310612dc0fb5.png

b05cd8d52d750de2b4896f08dea0be2a.png

2fb2bb30819cc93829158273a04ef514.png

7b635badf1a7061711a3a017e1b7cd56.png

4c649ecf46121d59322736ac9173eee5.png

Welcome to Portal form OB to Principal

Memperingati 1 Tahun Dapodikmen

Memperingati 1 Tahun Dapodikmen

 

Yth. Operator Dapodikmen

di Seluruh Nusantara

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Di hari yang berbahagia ini, kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih, kita panjatkan puji dan syukur. Atas izin, rahmat, dan karunia-Nya, kita semua berkesempatan untuk memperingati diresmikannya Dapodikmen sebagai Sistem Pendataan Nasional di Lingkungan Ditjen Pendidikan Menengah. Kemdikbud meresmikan Dapodikmen pada tanggal  2 Mei 2014. Tanggal 2 Mei dipilih karena tanggal itu merupakan Hari Pendidikan Nasional, kita ingin menggunakan semangat pendidikan sebagai dasar motivasi pendataan melalui Dapodikmen.

Read more: Memperingati 1 Tahun Dapodikmen

Sukses 100 Persen Data Dapodikmen Lengkap

Yth. Bapak/Ibu Operator Dapodikmen.

di Seluruh Tanah Air

Alhamdulillah Puji Syukur Kita Panjatkan Kehadiran Allah SWT, kita telah menyelesaikan tahapan pendataan untuk penyaluran BOS SM periode Januari sd Juni 2015. Namun demikian masih banyak tugas-tugas pendataan pendidikan menengah kita yang belum selesai dan belum lengkap. Ayo mulai saat ini kita kobarkan terus semangat Sukses 100% Dapodikmen Lengkap.  

Menuju Kualitas Data Dapodikmen 2015 (bagian 1)

Beberapa program dan kegiatan tim Dapodikmen Pusat mulai 1 Januari sampai dengan 30 April 2015 yang bisa saya catat dan saya ikuti adalah Adanya Perubahan Kode Registrasi  SEkolah pertanggal 13 Januari 2015 dalam rangka pengamanan data dan mendukung program single sign on (sso)  PDSP. Berikutnya menyusul surat edaran dari Ditjen dikmen tentang pemanfaatan data Dapodikmen untuk BOS dan PIP tertanggal 26 Januari 2015 yang kemudian ditindaklanjuti dengan adanya baseline Bansos Data dari Dapodikmen dengan alamat di http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id .  

Read more: Menuju Kualitas Data Dapodikmen 2015 (bagian 1)

Komplain tidak bisa melakukan vervalpd ?

Banyaknya rekan rekan OP yang komplain tidak bisa melakukan vervalpd di vervalpd.data.kemdikbud.go.id padahal koneksi internet bagus. Hal ini “mungkin” disebakan karena ada sistem pengamanan salah satunya yg umum dipergunakan adalah honeypot. 
Honeypot merupakan salah satu teknologi atau sistem keamanan yang dapat memenuhi ketiga konsep keamanan teknologi informasi yaitu pencegahan (prevention), deteksi (detection) dan merespon (respond).
Biasanya, provider provider internet tertentu yang paling sering melakukan aktifitas yang terlarang dalam internet, akan tercatat Ipnya di server honeypot, sehingga bila ada rekan OP yang kebetulan menggunakan provider internet yang sama dg ip yang telah tercatat sebagai blacklist akan ikut terblokir.

Read more: Komplain tidak bisa melakukan vervalpd ?

Website Baseline BOS SM Maintenance

Setelah Cut Off / Batas Waktu pengambilan data untuk penyediaan BOS SM tanggal 15 April 2015 maka website baseline data BOS SM mengalami perawatan. Operator Sekolah sudah bisa lagi akses ke alamat http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos . karena sudah lebih dari 1x24 jam belum juga bisa di akses, ada beberapa operator sekolah yang mulai bertanya tanya dan ada keraguan. ada yang meminta bantuan untuk bisa di cek kan datanya apakah sudah bisa masuk di tahap ke 3 ini ataukan belum. Namun ada yang menggembirakan pada saat website perawatan, untuk Dana Tahap 2 yang SMA sudah ada yang cair sejak tanggal 13 April 2015.

Untuk Operator SEkolah untuk tetap sabar dan tenang, Silakan lanjut saja untuk entri data PIP sebagaimana panduan yang telah di rilis, semoga saja untuk perawatan ini ini bisa diakses kembail.  

Panduan Singkat Entri Data PIP 2015

Setelah Cut Off Data BOS tahap 3 pada tanggal 15 April 2015, dalam rangka implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2015, diinstruksikan kepada seluruh kepala sekolah SMA, SMK, SMLB dan SLB agar segera : 

  1. Melakukan pemutakhiran data penerima BSM yang memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) (klikdisini)
  2. Melaksanakan surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Menengah (klik disini)
  3. Memperhatikan contoh Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) (klik disini)

Read more: Panduan Singkat Entri Data PIP 2015

Gerak Cepat Jelang Cut Off tahap 3 di Lamongan dan Gresik

Menindaklanjuti pertemuan dengan salah satu MKKS Swasta di Lamongan, maka di putuskan untuk pelaksanaan percepatan pendataaan Dapodikmen di laksanakan pada tanggal 13 April 2015 Jam 14.00 WIB setelah kegiatan UN 2015 hari pertama. Hadir pada pertemuan ini Bapk kabid Dikmenjur Bp Kandam yang juga memberikan papaaran kebijakan tentang Bantuan Sosial BOS SM, karena beliau juga yang di undang saat Rakor yang di selenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA. Saya juga berusaha untuk bisa hadir tepat waktu dan memberikan penjelasan tentang perkembangan Dapodikmen dan pertanyaan yang sering muncul antara Dapodikmen dan BOS SM.

Read more: Gerak Cepat Jelang Cut Off tahap 3 di Lamongan dan Gresik

Gerak Cepat Jelang Cut Off tahap 3 Prop Jatim

Menindaklanjuti intruksi Kasubag data dan informasi Setditjen Dikmen tentang percepatan pendataan dapodikmen di wilayah Jawa Timur terutama berkaitan dengan gap data SK Bos tahun 2014 dengan kondisi data dapodikmen, maka saya pada tanggal 10 April 2015 segera meluncur ke dinas pendidikan Propinsi Jawa Timur untuk melakukan koordinasi lebih lanjut. Dan alhamdulillah bisa bertemu dengan Bapak Staf dikmenum prop Jawa Timur.

Sesaat setelah sholat ashat di Masjid Dispendik prop Jatim, saya berjumpa sama pak Huda dan rombongan yang akan kembali ke jabupaten Lamongan. Saya menyampaikan perkembangan dapodikmen dan gap nya yg sebelumnya juga sdh saya kirim ke Ka SMAM 9 Lamongan. Alhamdulillah salah satu teman pak huda langsung kontak pak kandam selaku Kabid dikmenjur kabupaten Lamongan.

Read more: Gerak Cepat Jelang Cut Off tahap 3 Prop Jatim

Pengunjung Online

We have 114 guests and no members online

inet.detik

Detik.com sindikasi
  • Jadi Kaya Raya Bermodal Foto Curian
    Namanya Richard Prince, dan ia terkenal sebagai ahlinya mencuri hasil karya foto orang lain. Cukup memberikan sedikit sentuhan, lalu menjualnya kembali dengan harga yang tinggi.






  • Game Lawas di Xbox One Hanya Soal Waktu
    Kabar gembira bagi pemilik konsol anyar Xbox One yang menyukai game-game lawas di Xbox 360. Phill Spencer yang dikenal sebagai bos Xbox, baru saja buka-bukaan soal rencananya mewujudkan impian para gamer.






  • Google Bikin OS Khusus Internet of Things
    Google tengah menggarap sistem operasi khusus untuk Internet of Things (IoT) yang diberi nama Brillo. Raksasa pencarian internet ini akan memperkenalkannya di ajang Google I/O pekan depan.






  • Asus: Windows 10 Sulit Ungguli Android & iOS
    Asus tak percaya Windows 10 bisa berbuat banyak di segmen smartphone, sehingga tak ada alasan khusus untuk mengadopsinya di seri Zenfone. OS ini menurutnya masih belum mampu mengungguli iOS dan Android.






  • Menkominfo Angkat Bicara Soal Penolakan Internet Gratis
    Menkominfo Rudiantara kembali angkat bicara soal layanan internet gratis yang dipromosikan sejumlah operator bersama dengan mitra bisnisnya demi menggaet pelanggan baru. Apa kata menteri?






Login Form

Aktikfitasku

@ Sukari Darno

Pengunjung

Hari ini 18

Kemarin 32

Minggu ini 163

Bulan ini 908

Total 3412

Currently are 72 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions